Kamis, 22 Oktober 2015

Ekologi Lingkungan


Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 - 1914). Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.




Kerusakan lingkungan meliputi 3 unsur :
1.       Tanah
Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tanah yaitu limbah yang mencemari tanah seperti : sampah rumah tangga, sampah industri dan alam.
2.       Air
Air memegang peranan penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh air yaitu limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan limbah industri
3.       Udara
Udara dikatakan tercemar  jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. Kerusakan lingkungan yang disebabkan udara yaitu polusi udara, abu vulkanik, gas cfc dll.

Penyebab kerusakan lingkungan :

·         Faktor alam
                  1.       Gempa bumi
                  2.       Angin topan
                  3.       Gunung meletus

·         Faktor manusia
1.       Banjir
2.       Tanah longsor
3.       Polusi udara

Dampak ekologi kerusakan lingkungan :
1.       Pemanasan global
Pemanasan global akan sangat meningkat bila kelestarian dan keutuhan hutan tidak dipelihara. Ada beberapa akibat yang akan muncul akibat pemanasan global antara lain perubahan iklim, banjir, dan erosi di daerah tertentu

2.       Degradasi tanah
Degradasi tanah penebangan hutan yang  tak terkendali  juga menyebabkan degradasi tanah dan berkurangnya kesuburan tanah.
3.       Kepunahan keanekaragaman hayati
Masalah ini cukup mendapatkan perhatian penting saat ini berdasarkan penelitian jumlah spesies binatang semakin berkurang, hal ini diakibatkan oleh penebangan hutan dan banyaknya hewan yang menyingkir dan mencari habitat yang baru

Solusi permasalahan :
1.       Menghemat pemakaian kertas dan plastik. Menghemat penggunaan energi(minyak, listrik, dll).  
       Menghemat dalam menggunakan air tanah.
2.       Melahirkan inovasi-inovasi baru seperti menggunakan teknologi ramah lingkungan dan 
       menggunakan energi alternatif
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar