Kamis, 26 November 2015

Iptek dan Lingkungan



Mobil Listrik Ramah Lingkungan


Polusi dan asap. Dua hal yang saat ini senantiasa hadir di udara. Kerapnya polusi dan asap yang mencemari udara bersih yang seharusnya menjadi santapan kita, membuat beberapa orang tergerak untuk menciptakan dan menggalakkan transpotasi yang ramah terhadap lingkungan.
Transportasi ramah lingkungan dijadikan sebagai konsep strategi yang diharapkan mampu menjaga kelestarian lingkungan. Alat transportasi paling ramah lingkungan adalah sepeda. Tetapi sayangnya, sepeda kalah saing dan seolah tersingkirkan oleh canggihnya kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang saat ini ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar bukan merupakan transportasi yang ramah lingkungan. Karena kendaraan-kendaraan tersebut mengotori udara dengan asap-asap yang dikeluarkan, polusi udara bahkan polusi suara pun timbul.
Polusi udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan. Polusi udara banyak disebabkan oleh transportasi. Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh polusi udara ini seperti asma, bronchitis, serangan jantung dan stroke. Sebuah data juga menunjukkan bahwa pencemaran udara khusus dari kegiatan transportasi diperkirakan telah mengakibatkan  kematian 200.000 orang  sampai 570.000 orang setiap tahun di seluruh belahan bumi.
Selain itu, ada polusi suara pun timbul karena transportasi yang tidak ramah lingkungan. Polusi suara merupakan gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu. Polusi suara disebabkan oleh suara bising kendaraan yang berbunyi keras dan mengganggu pendengaran. Untuk mengurangi polusi-polusi tersebut, beberapa orang mencoba membuat transportasi yang ramah lingkungan yaitu mobil listrik. Mobil listrik kini sudah mulai muncul walaupun belum terlalu populer dan belum diproduksi secara massal.
 Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan tenaga listirk. Yang merupakan salah satu wujud solusi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap krisis energi saat ini. . Mobil listrik menggunakan  energi listrik ramah lingkungan, bahkan hampir nol emisi. Masalah yang umum terjadi pada mobil listrik adalah kapasitas baterai dalam menyimpan energi saat ini masih belum sebanyak bensin pada berat yang sama. Saat ini, mobil listrik baru dipakai secara terbatas di bandara, rumah sakit, hotel dan masih dalam kapasitas yang terbatas. Sebenarnya mobil listrik ini telah mulai diciptakan sejak tahun 1999. Pada tahun 2000 mobil lsitrik difokuskan penelitian sistem energi, termasuk sistem charging dan baterai yang paling tepat. Ternyata baterai basah (lead acid) adalah alternatif paling pas.
 Sumber : https://naturologyesa.wordpress.com/opini/mobil-listrik-ramah-lingkungan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar