Sabtu, 30 Januari 2016

Khasiat Spesial Jamu Tradisional


Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, popularitas berbagai produk multivitamin semakin meningkat. Tapi sebenarnya generasi orang tua serta kakek nenek kita juga punya ‘senjata’ untuk hidup sehat pada era 20-30 tahun yang lalu. Bentuk ‘senjata’ ini memang tidak modern, tapi khasiatnya tidak bisa diremehkan. Minuman penuh khasiat ini adalah jamu.
http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/04/aneka-jenis-jamu-tradisional-asli-indonesia-ini-mantap-khasiatnya.jpg
Siapa yang sangka kalau berbagai macam bumbu dapur dan rempah bisa diolah menjadi minuman tradisional yang berkhasiat? Kencur, kunyit, jahe, asam jawa, serta bumbu dapur lainnya merupakan bahan-bahan yang digunakan dalam jamu. Beberapa jenis jamu yang akan Anda temui dalam gendongan tukang jamu tradisional punya berbagai manfaat yang berbeda, yaitu:
  • Beras Kencur
    Jamu ini terbuat dari beras dan kencur. Minyak atsiri dalam kencur memiliki khasiat sebagai zat analgesic, sehingga membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri dan berkhasiat mengatasi rasa capek & pegal. Selain itu, jamu beras kencur juga membantu menambah tenaga, menambah nafsu makan, membersihkan kulit dari jerawat, serta menguruskan badan.
  • Kunyit Asam
    Merupakan salah satu jenis jamu yang paling populer, jamu kunyit asem terbuat dari kunyit dan asam jawa. Khasiat jamu ini di antaranya adalah menurunkan tekanan darah, mengatasi nyeri haid pada wanita, serta mengatasi sembelit.
  • Cabe lempuyang
    Jamu cabe lempuyang terbuat dari lempuyang dan cabe jawa. Peminum jamu ini bisa mendapatkan berbagai khasiat seperti mengatasi lelah dan pegal linu, mencegah masuk angin, menambah tenaga, mengurangi gas di perut, dll.
  • Paitan
    Dari semua jenis jamu tradisional, jamu paitan merupakan jamu dengan rasa yang paling sulit dinikmati. Maklum, paitan terbuat dari sambiloto dan bratawali yang pahit. Tapi khasiat seperti menghilangkan rasa sakit, menghilangkan bengkak, anti radang, dan mengatasi rematik membuat banyak orang tetap meminum jamu paitan.
  • Gula Jahe
    Tukang jamu gendongan biasanya selalu memiliki sebotol gula jahe yang berfungsi menambah rasa manis pada jenis jamu lainnya. Tapi kandungan jahe pada jenis jamu ini juga punya khasiat, yaitu mengatasi batuk dan menjaga stamina.
5 jenis jamu di atas merupakan jamu yang paling umum ditemukan dalam gendongan tukang jamu tradisional. Beberapa jenis jamu seperti beras kencur dan kunyit asem bahkan sudah bisa ditemukan dalam bentuk modern, yaitu jamu instan berbentuk bubuk yang mudah disiapkan. Tapi kalau Anda sudah punya langganan tukang jamu gendongan, bisa jadi Anda akan merasa bahwa rasa jamu instan tidak selezat jamu tradisional.
Cita rasa jamu mungkin terasa sedikit ‘ajaib’ bagi orang yang tidak terbiasa meminumnya. Tapi rasa yang mengejutkan itu lama kelamaan akan berubah menjadi lezat setelah Anda terbiasa menikmati jamu. Lagipula, khasiat yang akan Anda dapatkan dari jamu tentu jadi daya tarik tersendiri yang membuat Anda tetap bersemangat menikmati jamu tradisional.

Sumber : http://brighterlife.co.id/2014/09/25/khasiat-spesial-jamu-tradisional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar